Profil Fakultas

  1. Sejarah Pendirian dan Perkembangannya
    Fakultas Agama Islam (dulu Tarbiyah) Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA) didirikan pada tahun 1988, berdasarkan Surat Kopertais Wilayah V No. 88, 25 Februari 1988 izin Operasional pada Jurusan Pendidikan Agama Islam. Pada tahun 1990, status terdaftar dengan SK Menag RI No. 59 Tahun 1990, 24 April 1990. Berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI No. Dj. I/83/2010 tanggal 10 Februari 2010 tentang Perpanjangan Izin Penyelenggaraan Program Studi Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta Tahun 2010 untuk Program Studi Tadris Matematika (TMA), Program Studi Tadris Biologi (TBL), Program Studi Tadris Bahasa Inggris (TEN).
    Selanjutnya pada tahun 2014, berdasarkan SK BAN Perguruan Tinggi yang terakhir dengan Nomor: 468/SK/BAN-PT/Akred/S/2014, tanggal 15 Desember 2014 kembali memperoleh akreditasi B. Dengan status terakreditasi tersebut, Fakultas Agama Islam UNMUHA telah mendapat kewenangan dalam mengelola proses belajar mengajar secara penuh dan tidak melaksanakan ujian negara lagi atau sudah sama dengan Perguruan Tinggi Negeri lainnya. Pada tahun 2016, Fakultas Agama Islam memperoleh izin penyelenggaraan Program Studi S1 Perbankan Syariah berdasarkan Surat Keputusan Direktur Pendidikan Tinggi Islam dengan nomor: 2013 Tahun 2016.
    Sebagai lembaga pendidikan Islam, Fakultas Agama Islam UNMUHA dikelola secara professional dengan sumber daya manusia yang handal di bidangnya. Kami  segenap pimpinan terus berupaya untuk selalu berkomitmen dalam mewujudkan Fakultas Agama Islam UNMUHA sebagai salah satu pusat pemikiran, pengkajian, dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka memperkaya khasanah kehidupan masyarakat dan mendukung pembangunan nasional.
    Fakultas Agama Islam UNMUHA terus memberikan kesempatan yang luas kepada segenap elemen civitas akademika untuk terus mengembangkan kreativitas di bidangnya masing-masing, seiring dengan kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Di bawah bimbingan para dosen yang handal (S2-S3) dan berpengalaman serta dilengkapi dengan sarana prasarana akademik yang memadai kami persiapkan lulusan yang kompetitif dan berkarakter. Keberadaan Fakultas Agama Islam UNMUHA telah melahirkan banyak lulusan yang mempunyai kompetensi dalam rangka mempersiapkan tenaga terampil untuk memenuhi kebutuhan intelektual. Untuk memajukan pendidikan di Aceh, Fakultas Agama Islam UNMUHA terus berbenah diri menjadi salah satu lembaga pendidikan yang terkemuka di Aceh.
  2. Luas Bangunan dan Sarana Prasarana
    a. Kondisi  UNMUHA
    Kampus UNMUHA terletak di wilayah Kota Banda Aceh, sekitar 10 km dari pusat kota Banda Aceh ke arah Selatan, dengan menempati lahan seluas 5 Ha. Kampus UNMUHA didirikan di atas lahan milik Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Aceh yang terletak di jalan Muhammadiyah No.91 Bathoh Banda Aceh. Di atas lahan tersebut, dibangun gedung kampus UNMUHA dengan luas bangunan 2.720 m2 jadi masih tersisa luas ± 2.270 M.

    b. Luas lahan dan Lingkungan UNMUHA
    Bangunan dan sarana pendukung UNMUHA yang telah digunakan seluas 3.120 M2 yang terdiri dari ;
    a. Gedung Induk (Pusat Administrasi), 720 m2
    b. Gedung I (FKM, Lab Komputer & Bahasa), 640 m2
    c. Gedung II (Ruang Kuliah), 240 m2
    d. Gedung II (Ruang Kuliah), 320 m2
    e. Gedung IV (Ruang Kuliah) 320 m2
    f. Gedung V (Pengadilan Semu), 80 m2
    g. Gedung VI, 400 m2
    h. Bangunan Masjid, 400 m2
    Untuk memperlancar proses belajar dan mengajar, UNMUHA memiliki gedung 2 lantai untuk 20 unit ruang kuliah dan pembangunan gedung hasil kerjasama dengan New Zeland serta gedung Unmuha Convention Center dan asrama (Rusunawa) bagi Mahasiswa putra dan putri.
  3. Visi dan misi FAI UNMUHA
    a. Visi
    Visi FAI UNMUHA yaitu menjadi Fakultas Agama Islam Swasta yang Unggul di Tingkat Nasional dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Berlandaskan Nilai-Nilai Islami  pada Tahun 2026.

    b. Misi
    1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang bermutu yang mengacu pada kurikulum yang berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) untuk menghasilkan tenaga yang kompetitif, profesional dan mengintegrasikan nilai-nilai ajaran Agama Islam;
    2. Menyelenggarakan penelitian yang bermutu untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan profesional dalam mengintegrasikan nilai-nilai ajaran Agama Islam;
    3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat yang bermutu untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan professional dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berlandaskan nilai-nilai Islami.
    4. Menyiapkan lulusan yang memiliki kompetensi dan berdaya saing yang mampu bekerja sesuai dengan keilmuan dan kehliannya serta berkontribusi untuk pembangunan Nasional;
    5. Melaksanakan pembinaan dan pengembangan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan secara konsisten.
  4. Akreditasi Program Studi
No Jenis Program Studi Nama Program Studi Peringkat No. dan Tanggal SK Tanggal Berakhir  
1 S1 Pendidikan Agama Islam Masih Berlaku B No. 2947/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/V/2020 05 Mei 2025  
2 S1 Tadris Bahasa Inggris Masih Berlaku B No.1151/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2015 14 November 2020  
3 S1 Tadris Biologi Masih Berlaku C 1197/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2015 12 Desember 2020  
4 S1 Tadris Matematika Masih Berlaku C 1133/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2015 31 Oktober 2020  
5 S1 Perbankan Syariah Masih Berlaku B 1957/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2019 12 Juni 2024  

5. Pimpinan Fakultas Agama Islam UNMUHA

No Nama Jabatan
1 Dr. Saiful, S.Ag., M.Ag Dekan
2 Dr. Rosnidarwati, S.Ag., MA Wakil Dekan I
3 Infannusir, S.Ag., SE., M.Kom Wakil Dekan II
4 Mailisman Cut Salihin, S.Ag., M.Pd Kepala Tata Usaha
5 Cut Fitriani, SE., M.Pd Ketua Gugus Penjamin Mutu (GPM)
6 Muhammad Yani, S.Pd.I., M.Pd Sekretaris Gugus Penjamin Mutu (GPM)
7 Hamdi Yusliadi, S.Pd.I., MA Kasubbag Keuangan
8 Dedi Zumardi, S.Pd.I Staf Kasubbag Akademik
9 Fauziah, S.Si., M.Si Staf Kasubbag Akademik
10 Irhamna, S.Pd.I Staf Kasubbag Umum
11 Ema Sulastri, S.Pd.I., M.Pd Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam
12 Anzarina Anwar, S.Pd.I Sekretaris Program Studi Pendidikan Agama Islam
13 Rahmatun Nisa, S.Pd.I., M.Pd Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
14 Cut Mawar Helmanda, S.Pd.I., M.Pd Sekretaris Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
15 Meutia Zahara, S.Si., M.Si., Ph.D Ketua Program Studi Pendidikan Biologi
16 Qurratun Aini, S.Pd., M.Pd Sekretaris Program Studi Pendidikan Biologi
17 Nazariah, S.Pd.I., M.Pd Ketua Program Studi Pendidikan Matematika
18 Nailul Authary, S.Pd.I., M.Pd Sekretaris Program Studi Pendidikan Matematika
19 Mirza Murni, SE., MM Ketua Program Studi Perbankan Syariah
20 Ahlan Nur, SE.I., ME.I Sekretaris Program Studi Pendidikan Perbankan Syariah