Sejarah Fakultas Agama Islam

Sejarah Pendirian dan Perkembangannya

Fakultas Agama Islam (dulu Tarbiyah) Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA) didirikan pada tahun 1988, berdasarkan Surat Kopertais Wilayah V No. 88, 25 Februari 1988 izin Operasional pada Jurusan Pendidikan Agama Islam. Pada tahun 1990, status terdaftar dengan SK Menag RI No. 59 Tahun 1990, 24 April 1990. Berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI No. Dj. I/83/2010 tanggal 10 Februari 2010 tentang Perpanjangan Izin Penyelenggaraan Program Studi Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta Tahun 2010 untuk Program Studi Tadris Matematika (TMA), Program Studi Tadris Biologi (TBL), Program Studi Tadris Bahasa Inggris (TEN).
Selanjutnya pada tahun 2014, berdasarkan SK BAN Perguruan Tinggi yang terakhir dengan Nomor: 468/SK/BAN-PT/Akred/S/2014, tanggal 15 Desember 2014 kembali memperoleh akreditasi B. Dengan status terakreditasi tersebut, Fakultas Agama Islam UNMUHA telah mendapat kewenangan dalam mengelola proses belajar mengajar secara penuh dan tidak melaksanakan ujian negara lagi atau sudah sama dengan Perguruan Tinggi Negeri lainnya. Pada tahun 2016, Fakultas Agama Islam memperoleh izin penyelenggaraan Program Studi S1 Perbankan Syariah berdasarkan Surat Keputusan Direktur Pendidikan Tinggi Islam dengan nomor: 2013 Tahun 2016.
Sebagai lembaga pendidikan Islam, Fakultas Agama Islam UNMUHA dikelola secara professional dengan sumber daya manusia yang handal di bidangnya. KamiĀ  segenap pimpinan terus berupaya untuk selalu berkomitmen dalam mewujudkan Fakultas Agama Islam UNMUHA sebagai salah satu pusat pemikiran, pengkajian, dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka memperkaya khasanah kehidupan masyarakat dan mendukung pembangunan nasional.
Fakultas Agama Islam UNMUHA terus memberikan kesempatan yang luas kepada segenap elemen civitas akademika untuk terus mengembangkan kreativitas di bidangnya masing-masing, seiring dengan kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Di bawah bimbingan para dosen yang handal (S2-S3) dan berpengalaman serta dilengkapi dengan sarana prasarana akademik yang memadai kami persiapkan lulusan yang kompetitif dan berkarakter. Keberadaan Fakultas Agama Islam UNMUHA telah melahirkan banyak lulusan yang mempunyai kompetensi dalam rangka mempersiapkan tenaga terampil untuk memenuhi kebutuhan intelektual. Untuk memajukan pendidikan di Aceh, Fakultas Agama Islam UNMUHA terus berbenah diri menjadi salah satu lembaga pendidikan yang terkemuka di Aceh.