Emawati, S.Pd.I, MA

DATA DIRI

Nama : Emawati, S. Pd.I., MA

TTL     : 20 September 1982

NIK     : 198209202016092001

NIDN : 1320098201

RIWAYAT PENDIDIKAN

2001/2005      FAKULTAS TARBIYAH, IAIN IMAM BONJOL PADANG

                        S.Pd.I:  Pendidikan Bahasa Arab

2012/2014      PROGRAM PASCASARJANA , UIN AR-RANIRY

                        M.A. Kependidikan Islam

PENGALAMAN MENGAJAR

2016-sekarang:          FAI, Universitas Muhammadiyah Aceh

2014-2016:                  Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry

                                    Dosen Luar Biasa dalam Mata Kuliah:

                                    Ilmu Pendidikan, Manajemen Pendidikan, Pendidikan                                     Agama dan Moral

2002 – 2004:               PEMDA Padang, Sumatera Barat

                                 Instruktur Al-Qur’an dan Pendidikan Agama untuk SD & SMP   Sekota Padang

2005 – 2006:               MSA-USA (Muslim Student Association-United States of America),    Ohio  Ohio University, USA

                                  Instruktur Al-Qur’an dan Pendidikan Agama Islam untuk                                    remaja Muslim di kota Athens, Ohio-USA

2008 – 2010:               IMCV (Indonesian Muslim Community of Victoria), Australia

                                   Instruktur Al-Qur’an dan Pendidikan Agama Islam untuk  remaja  Muslim di kota Clayton-Melbourne, Australia   

PENGALAMAN ORGANISASI

  • Komite Sekolah Cendikia: Ketua
  • MIIS (Monash Indonesian Islamic Society): Anggota
  • IMCV (Indonesian Muslim Community of Victoria): Anggota

PENELITIAN DAN PUBLIKASI

  • Emawati, Rahmatun Nisa, Teuku Zulfikar (2020). ) towards shaping pupils’ soft-skills: the Islamic teaching at a bilingual school in Banda Aceh. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, Vol 20, No 2.
  • Emawati (2012). Pendekatan dialogis dalam pendidikan anak. Dalam: Membangun Sekolah yang dicintai Anak. Jakarta: Lentera Ilmu Cendikia
  • Emawati (2017). Integrasi Kurikulum dalam pembelajaran Bahasa Arab: Sebuah solusi untuk pembelajaran efektif di Pesantren. Jurnal Pedagogik. Vol. III., no. 2. hal. 83-104
  • Penelitian S2: Analisa Kurikulum Bahasa Arab: Studi kasus di Dayah Darul Ichsan, Aceh Besar.
  • Penelitian Dikti: Analisa Pengembangan Soft-Skill di Billingual School Banda Aceh

PENGABDIAN

  • Pengabdian Kelompok: Sosialisasi efek penggunaan gadget secara berlebihan dan solusinya bagi anak-anak di Gampoeng Meunasah Papeun Kecamatan Krueng Barona Jaya-Aceh Besar (2019)