Ika Kana Trisnawati, M. Ed

DATA DIRI

Nama                     : Ika Kana Trisnawati, S.Pd.I, M.A., M.Ed.

Tempat/Tgl. Lahir : Sigli / 10 Agustus 1985

NIK                       : 19850810 200904 2001

NIDN                   : 1310088501

RIWAYAT PENDIDIKAN

1. Strata 1 (S-1) IAIN Ar-Raniry Banda Aceh, Jurusan Tadris Bahasa Inggris (2001-2006)

2. Strata 2 (S-2) Master of Education, University of Massachusetts Amherst, USA (2007-2009)

3. Strata 2 (S-2) Master of Applied Linguistics, University of New South Wales, Australia (2012)

4. Strata 2 (S-2) Master of Translation and Interpreting Studies, University of New South Wales, Australia (2013)

PENGALAMAN ORGANISASI

1. Anggota TEFLIN (2018-2020)

PENGALAMAN KERJA

2009 – sekarang : Dosen Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Agama Islam, UNMUHA

2015 – sekarang : Penerjemah di Language Development Center (LDC) UIN Ar-Raniry Banda Aceh

PENGALAMAN TRAINING

25 September – 20 Desember 2017, “IELTS Preparation” training di UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, Indonesia

2 – 7 Maret 2020 : Teacher Training on “Teaching IELTS” di Badan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Aceh dengan IALF Surabaya, Banda Aceh, Indonesia

PENGALAMAN PENGABDIAN MASYARAKAT

1. Pengajaran Bahasa Inggris Anak-Anak (TPA Sabilil Jannah Gampong Doy) (Tahun 2017)

2. Pengajaran Bahasa Inggris Anak-Anak Usia Dini (PAUD Sabilil Jannah Gampong Doy) (Tahun 2018)

3. Belajar dan Bermain Warna dalam Bahasa Inggris (PAUD Sabilil Jannah Gampong Doy) (Tahun 2019)

PENGALAMAN PENELITIAN

1. Strategi Penerjemahan Teks Bahasa Inggris ke dalam Bahasa Indonesia Calon Mahasiswa Magister dalam Ujian Masuk Program Pasca Sarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh (Tahun 2014, sumber dana DIPA UIN Ar-Raniry)

2. Persepsi Mahasiswa tentang Perilaku Mencontek pada Evaluasi Pembelajaran Bahasa Inggris (Tahun 2016, sumber dana LP4M UNMUHA)

3. Persepsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UIN Ar-Raniry Banda Aceh tentang Plagiarisme dalam Tugas Kuliah (Tahun 2016, sumber dana BOPTN UIN AR-Raniry)

4. On TOEFL Policy: Challenges and Solutions at PTAIN Aceh (Tahun 2017, sumber dana BOPTN UIN AR-Raniry)

5. Peningkatan Kemampuan Mencatat Informasi Teks Bahasa Inggris dengan Teknik Cornell (Tahun 2018, sumber dana Kemenristekdikti)

6. Persepsi Mahasiswa Jurusan Non Bahasa Inggris terhadap Penggunaan Tes “TOEFL Prediction” sebagai Syarat Kelulusan S1 (Tahun 2019, sumber dana Kemenristekdikti)

PUBLIKASI ILMIAH

1. Trisnawati, I. K. (2014). Skopos Theory: A practical approach in the translation process, Englisia Journal, 1(2), 245-255.

2. Trisnawati, I. K. (2015). Validity in computer-based testing: A literature review of comparability issues and examinee perspectives, Englisia Journal, 2(2), 86-94.

3. Trisnawati, I. K., Sarair, S., & Rahmi, M. (2016). Irony in Charles Dicken’s Oliver Twist. Englisia Journal, 3(2), 91-104.

4. Trisnawati, I. K., & Bahri, S. (2017). Strategi penerjemahan teks bahasa Inggris ke bahasa Indonesia calon mahasiswa magister dalam ujian masuk program pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Getsempena English Education Journal, 4(2), 84-100.

5. Trisnawati, I. K. (2017). Maintaining the identity of bilingual individuals in multicultural/multilingual settings. Englisia Journal, 5(1), 8-16.

6. Yuniarti, Y., & Trisnawati, I. K. (2018). Developing students’ note taking skills through Cornell format. Proceedings of AICS-Social Sciences, 8, 277-283.

7. Yuniarti, Y., & Trisnawati, I. K. (2018). Peningkatan kemampuan mencatat (note taking) teks bahasa Inggris dengan format Cornell. Visipena Journal, 9(2), 247-260.

8. Bahri, S., & Trisnawati, I. K. (2018). Persepsi mahasiswa prodi pendidikan bahasa Inggris UIN Ar-Raniry tentang plagiarisme tugas kuliah. Jurnal Ilmiah Didaktika, 18(2), 205-224.

9. Netta, A., & Trisnawati, I. K. (2019). Acehnese undergraduate students’ strategies in preparing for TOEFL Prediction: A preliminary study. Englisia: Journal of Language, Education, and Humanities, 7(1), 41-52.

10. Andrian, R., Azhari, T., Akmaliyah, N., Trisnawati, I. K., & Muntasir, M. (2019). Overseas education: The perspectives of the Acehnese scholarship applicants. Proceedings of AICS-Social Sciences, 9, 23-27.

11. Andrian, R., Azhari, T., Akmaliyah, N., & Trisnawati, I. K. (2020). Motivasi dan ekspektasi para pemburu beasiswa kuliah ke luar negeri. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 4(1), 60-69.