Preloader

Unmuha Website www.unmuha.ac.id

Penyambutan Mahasiswa PMM Inbound Angkatan 3 Tahun 2023 di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh telah menyelenggarakan penyambutan mahasiswa program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Inbound Angkatan 3 Tahun 2023 pada hari Rabu, 27 September 2023 di Ruang Biro Lantai 2 Universitas Muhammadiyah Aceh. Pada Angkatan ketiga ini, Unmuha menerima total 109 mahasiswa dari 63 Perguruan Tinggi luar Pulau Sumatera baik dari universitas negeri maupun swasta, diantaranya berasal dari Universitas Garut, Universitas Mataram, Universitas Halu Oleo, Universitas Muhammadiyah Pontianak, Universitas Tadulako dan dari universitas lainnya di seluruh Indonesia. Mahasiswa PMM inbound  ini telah tiba di Banda Aceh pada 8 September 2023, yang terbagi dalam tiga kloter penjemputan di bandara Sultan Iskandar Muda (SIM).

Acara seremonial ini diawali dengan sambutan Dr. Rosnidarwati, S.Ag., MA selaku Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh. Pada sambutannya Dekan FAI Unmuha menyampaikan rasa bahagia dan senangnya dalam menyambut adik-adik mahasiswa sebagai bagian dari program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 3 Universitas Muhammadiyah Aceh terutama di Fakultas Agama Islam ini. Menurutnya program ini merupakan langkah besar dalam memperluas wawasan adik-adik mahasiswa untuk memperdalam pemahaman tentang berbagai aspek yang ada di Aceh baik aspek budaya, akademik  maupun sosial, serta dapat mengembangkan ketrampilan dan pengalaman yang tak ternilai.

Selanjutnya Dekan mengenalkan pimpinan-pimpinan FAI dari Wakil Dekan I, Wakil Dekan II, Kepala Tata Usaha, Bendahara serta Ketua dan Sekretaris Program Studi yang ada di Lingkunagna FAI. Dekan FAI juga memperkenalkan Ketua beserta pengelola BEM Fakultas Agama Islam, hal ini bertujuan supaya adanya hubungan yang akrab antar sesama mahasiswa serta mahasiswa PMM dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mengembangkan diri dengan cara ikut terlibat dalam kegiatan ekstrakulikuler dan terlibat dalam project-project sosial yang dilakukan pihak BEM.

Diakhir sambutannya, Dekan FAI juga menyampaikan bahwa program PMM ini merupakan salah satu bentuk kegiatan perkuliahan selama satu semester untuk mendapatkan pengalaman belajar di Perguruan Tinggi di Indonesia sekaligus memperkuat persatuan dalam keberagaman. Selama program berlangsung, mahasiswa akan mengikuti kegiatan Modul Nusantara yang terdiri atas kegiatan Kebhinekaan, Refleksi, Inspirasi dan Kontribusi Sosial. Beliau juga menyampaikan bahwa adik-adik mahasiswa PMM ini akan menjadi Duta indahnya Aceh dalam sejarah serta budayanya yang akan disampaikan ke Universitas asal bahkan daerah dimana mereka tinggal.

Selanjutnya, Rosnidarwati berpesan agar mahasiswa PMM ini senang dan betah tinggal di Aceh. Jika mahasiswa mengalami kendala silahkan jumpai dosen di akademik, mahasiswa diperkenankan menjadikan dosen-dosen sebagai orang tua mereka selama di Aceh agar ibu dan bapak mereka tidak khawatir dengan kondisi serta situasi sekarang.(Im)

About
Dosen Prodi Perbankan Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh, Sekretaris Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *