Preloader

Unmuha Website www.unmuha.ac.id

Menyongsong Generasi Qur’ani Berkualitas, FAI Unmuha Launching Program Halaqah Qur’an

Rabu, 11 Oktober 2023 bertempat di Ruang Rapat Lantai 2 Biro Rektor Unmuha, berlangsung acara Launching Program Halaqah Quran dengan mengusung tema “Menggali Hikmah Alquran dalam Membentuk Generasi Qurani yang Berkualitas”. Turut dihadiri langsung oleh Wakil Rektor III, Dr. Ir. Zardan Araby, M.T,  Ketua LSIK Unmuha, Ust. Hermansyah Adnan, S.Hi., M.Sos, para dosen FAI Unmuha beserta para mahasiswa FAI Unmuha.

Laporan Kegiatan di sampaikan langsung oleh Wakil Dekan I FAI Unmuha, Qurratu Aini, S.Si., M.Pd kegiatan halaqah quran bertujuan untuk membantu mahasiswa belajar memperbaiki cara membaca alquran dengan baik dan benar berdasarkan tajwid maupun makhrajnya serta mampu memahami alquran terutama tentang maknanya. Bagi mahasiswa yang mengikuti program ini, maka akan mendapatkan sertifikat dan ini akan menjadi salah satu syarat sidang menggantikan ujian komprehensif alquran. Dengan adanya program ini juga akan membantu mahasiswa dalam memahami dan menerapkan nilai-nilai islami dalam kehidupan seperti, kejujuran, kedisiplinan dan tata krama yang baik di kehidupan sehari-hari,” Ujarnya.

Qurratu melanjutkan,  kegiatan ini akan diikuti oeh mahasiswa semester V dan VII dari program studi PAI, Tadris Biologi, Tadris Matematika, Tadris Bahasa Inggris dan Perbankan Syariah, ini akan menjadi agenda rutin yang nantinya akan di jadwalkan oleh pihak akademik selama II semester. Yang menjadi koordinator program Fitriyasni, S.Pd., M.Si., M.Pd dan akan di damping oleh dosen FAI Unmuha. Alhamdulilah kita juga sudah bekerja sama dengan Rumah Tajwid sehingga kita berharap program ini akan konsisten sesuai dengan jadwal yang telah di tentukan. Mahasiswa juga diharapkan bisa berperan sebagai mentor untuk mahasiswa lainnya. Tahun ini  2 mahasiswa FAI Unmuha diberikan kesempatan untuk mengikuti Musabaqah Quran tingkat Nasional dan ini menjadikan langkah awal kita mengembangkan program Halaqah Quran di lingkungan FAI Unmuha.

Dekan FAI Unmuha Rosnidarwati, S.Ag., M.A dalam sambutan pembukaan acara, meminta kepada peserta Launching halaqah quran untuk bersungguh-sungguh dalam belajar membaca alquran sehingga mahasiswa menjadikan dirinya sebagai insan Qurani dalam kehidupannya.

Wakil Rektor III Dr. Ir Zardan Araby, M.T memberikan arahan terkait program halaqah  dengan membuat perbandingan antara generasi dahulu dengan generasi sekarang. Sangat disayangkan generasi sekarang sangat jauh meninggalkan alquran sehingga perilaku-perilaku anak sekarang bertentangan dengan alquran. Saya sangat mengapresiasi program ini maka silahkan dilaksanakan secara serius sehingga harapannya semua alumni Unmuha bisa membaca alquran dengan baik dan benar,” kata Zardan

Akhir dari kegiatan ini adalah tausiah yang disampaikan oleh Ust Hermansyah Adnan, S.Ag., M.Sos  yang membuka pemahanan tentang pentingnya alquran untuk dikuasai dan tertanam dalam setiap jiwa manusia. Dunia Barat atau Non Muslim berusaha menghancurkan Islam dengan 3S, Sing / Nyanyian (S1), Seks (S2) dan Sport (S3). 3S tersebut yang menjadikan manusia lalai dan menjadi bagian dari keberhasilan mereka (Non Muslim) dalam menghancurkan Islam. Maka sebagai insan seharusnya kita berusaha memahami alquran dan belajar pemantapan nilai agama sehingga akan menjadi benteng untuk semuanya. alquran juga akan menjadi Petunjuk serta Obat bagi kesehatan jiwa raga kita. Semoga kita dapat menjadi insan yang menjaga alquran di dalam kehidupan. (Dedizz dan Im)

About
Dosen Prodi Perbankan Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh, Sekretaris Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *