Preloader

Unmuha Website www.unmuha.ac.id

TEMU RAMAH MAHASISWA FAKULTAS AGAMA ISLAM UNMUHA DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN DI PANTAI RINTIENG

Fakultas Agama Islam UNMUHA menggelar acara temu ramah yang penuh makna pada Minggu, 15 Oktober 2023, di Pantai Rintieng, Kecamatan Leupung, Aceh Besar. Ketua panitia Syauki, memberikan laporan tentang kegiatan ini yang menghadirkan nuansa kebersamaan dan berbagi di antara mahasiswa.

Syauki menjelaskan bahwa acara temu ramah ini dihadiri oleh lima program studi (prodi) dari Fakultas Agama Islam UNMUHA, dengan jumlah mahasiswa mencapai 32 orang. Selain itu, tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk mengeratkan silaturahmi di antara sesama mahasiswa Fakultas Agama Islam UNMUHA. Dia berharap kegiatan ini akan dilakukan dengan semangat dan antusias.

Arif Maulana, anggota Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), menyampaikan pesan yang kuat. Dia menggambarkan mahasiswa baru sebagai embrio yang akan menjadi penerus perjuangan pendidikan, mendidik, dan menjadi pelopor pendidikan. Arif mengajak semua untuk menjalin silaturahmi seperti keluarga, dengan perasaan satu atap. Dia juga mendorong adik-adik mahasiswa untuk bekerja sama, berkontribusi, dan bersinergi dengan kakak-kakak panitia temu ramah FAI UNMUHA.

Raihan, yang merupakan Penanggung Jawab Sementara Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FAI UNMUHA, berharap agar mahasiswa dapat mengambil hikmah dan pelajaran dari kegiatan temu ramah. Ini diharapkan dapat memantik semangat untuk menjalani kewajiban sebagai mahasiswa. Raihan juga meminta maaf jika kegiatan ini tidak sesuai dengan ekspektasi peserta, karena kegiatan ini dilakukan secara sederhana.

Dekan Fakultas Agama Islam UNMUHA Rosnidar Wati, dalam sambutannya mengutip Surah An-Nisa Ayat 1 yang mendorong untuk saling bersilaturahmi dan saling mengenal satu sama lain. Beliau berharap silaturahmi ini akan terus terjalin hingga akhir hayat.

Setelah pembukaan, kegiatan ini dilanjutkan dengan senam santai bersama, berlanjut ke berbagai permainan dan sesi “ice breaking” untuk mempererat ikatan di antara peserta. Kemudian dilanjutkan Program Pengabdian Masyarakat dengan tema “Aksi Sosial Pembersihan Pantai Rintieng Kolaborasi Mahasiswa Baru, BEM, dan Dosen Fakultas Agama Islam UNMUHA.”

Wakil dekan I Qurratu Aini, megatakan Program pengabdian ini bertujuan untuk menjaga ekosistem pantai Rintieng sebagai bagian dari Gerakan Peduli Bersama terhadap lingkungan. Program ini melibatkan kolaborasi antara Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), mahasiswa baru, dan dosen dari Fakultas Agama Islam UNMUHA. Pantai Rintieng adalah tempat yang indah di Kecamatan Leupung, Aceh Besar, tetapi sayangnya masih terdapat sampah-sampah yang berserakan di bibir pantainya. Dengan kegiatan ini diharapkan para mahasiswa, terutama yang baru akan memiliki kesadaran lebih tinggi tentang pentingnya pelestarian lingkungan. Kegiatan ini adalah langkah penting dalam meningkatkan kesadaran terhadap perlunya melindungi bumi dari dampak sampah. Semoga semangat kebersamaan dan kesadaran lingkungan yang dihasilkan dari temu ramah ini akan membawa manfaat yang berkelanjutan bagi Fakultas Agama Islam UNMUHA dan lingkungan sekitarnya,” ucapnya.(Im)

About
Dosen Prodi Perbankan Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh, Sekretaris Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *