Preloader

Unmuha Website www.unmuha.ac.id

FAI UNMUHA GELAR WORKSHOP PENULISAN PROPOSAL DAN STRATEGI MERAIH PENELITIAN DIKTIS KEMENTERIAN AGAMA

Prodi Tadris Matematika Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) menyelenggarakan workshop penulisan proposal  dan strategi meraih penelitian Diktis  di ruang rapat lantai 2 biro rektor  Unmuha pada hari Rabu,  03 Januari 2024. Kegiatan workshop tersebut diikuti oleh 30 orang peserta yang terdiri dari dosen prodi tadris matematika khususnya dan dosen  Fakultas Agama Islam secara umum.

Pada kesempatan tersebut , Dekan FAI Unmuha  Dr. Rosnidarwati, S.Ag., M.A membuka langsung acara workshop penulisan proposal  dan strategi meraih penelitian Diktis dengan penuh semangat. Dekan FAI dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan  workshop penulisan proposal ini dinilai sangat penting  dilaksanakan  untuk meningkatkan jumlah proposal yang lolos hibah, terutama lolos hibah penelitian Diktis Litapdimas Kementrian Agama tahun 2024 dirasa perlu memiliki strategi dan trik yang tepat. Dr. Rosnidarwati, S.Ag., M.A juga menyampaikan pentingnya kolaborasi antara para dosen, dalam upaya memperluas pengetahuan serta mendorong para peserta untuk aktif dan proaktif dalam mengembangkan proposal-proposal penelitian yang berkualitas, inovatif dan relevan dengan kebutuhan zaman.

Ibu Nailul Authary, S.Pd,I., M.Pd  selaku Ketua program studi Tadris Matematika sekaligus ketua pelaksana workshop penulisan proposal pada kesempatan yang berbeda menyampaikan , Penelitian merupakan salah satu pilar dalam tridharma pendidikan perguruan tinggi. Melalui penelitian, dapat meningkatkan kemampuan literasi yang sedang digalakkan.  Oleh karena itu, panitia pelaksana menimbang bahwa kegiatan workshop penulisan proposal  dan strategi meraih penelitian Diktis  Kementrian Agama sangatlah urgen.

Workshop ini diisi oleh Dr. Fakhrul Rijal, M.A yang merupakan alumni pasca sarjana UIN Ar-raniry, beliau menjelaskan secara komprehensif mengenai  penelitian dan hibah Diktis kementrian Agama, terutama bagaimana menulis proposal yang memenuhi standar dan kriteria yang telah ditetapkan.  Selain itu, Dr. Fakhrul Rijal, M.A  sangat aktif dalam meneliti diantaranya yang didanai oleh Diktis Kemenag RI  dari tahun 2021 hingga tahun 2023 dengan judul “ (1) Internalisasi Nilai-nilai multikulturalisme dalam pembelajaran PAI di sekolah Dasar, (2) Persepsi non muslim terhadap Syariat Islam di Aceh, (3)  Respon Aktivis Muda Aceh terhadap Islam Nusantara di Aceh”.

“Salah satu penyebab kegagalan yang sering terjadi ketika submit proposal Litapdimas adalah penulis tidak memperhatikan tingkat plagiasi, dimana batas plagiasi maksimum hanyalah 35%, ketika di cek turnitinnya mencapai 35,01% persen saja maka otomatis proposal tersebut ditolak dan tidak diteruskan kepada reviewer, “ penjelasan Dr. Fakhrul Rijal, M.A ketika membuka workshop.

Para peserta workshop ini juga sangat antusias dan terlibat langsung dalam sesi diskusi yang diadakan setelah paparan Dr. Fakhrul Rijal selesai. Mereka aktif bertanya dan berbagi pengalaman, serta saling memberikan masukan guna meningkatkan kualitas proposal penelitian yang akan mereka ajukan.

 

Acara Penulisan Proposal dan Strategi Meraih Penelitian Diktis Kementrian Agama ini berjalan dengan sukses dan memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada para peserta. Diharapkan hasil kegiatan workshop ini akan memberikan dampak positif dalam peningkatan kualitas penelitian di lingkungan Fakultas Agama Islam serta mendorong lebih banyak kerjasama dan kontribusi dalam penelitian bagi kemajuan ilmu pengetahuan keagamaan, sains maupun sosial.

About
Dosen Prodi Perbankan Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh, Sekretaris Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *