Preloader

Unmuha Website www.unmuha.ac.id

FAI UNMUHA GELAR PERTEMUAN PERSIAPAN PELAKSANAAN PERKULIAHAN SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2023/2024

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh (FAI UNMUHA) menggelar pertemuan reguler bersama dosen-dosen di ruang lingkup FAI dalam rangka persiapan pelaksanaan perkuliahan semester genap tahun akademik 2023/2024 pada Jumat, 26 Januari 2024 di ruang rapat biro lantai II Universitas Muhammadiyah Aceh.

Pertemuan ini dihadiri oleh Dekan FAI, Dr. Rosnidarwati, S. Ag., MA, Wakil Dekan I, Qurratu Aini, S.Si., M.Pd, Wakil Dekan II, Nazariah, S.Pd., M.Pd, Kepala Bagian Tata Usaha Dedi Zumardi, S.Pd.I, para Ketua Prodi juga karyawan dan dosen-dosen dari 5 prodi di lingkungan FAI Unmuha.

Acara dibuka oleh Dr. Rosnidarwati, S. Ag., MA selaku Dekan Fakultas Agama Islam, dilanjutkan dengan penyampaian secara singkat tentang persiapan perkuliahan untuk semester genap TA. 2023/2024.

Wakil Dekan I, Qurratu Aini, S.Si., M.Pd selanjutnya menjelaskan secara menyeluruh tentang proses pelaksanaan perkuliahan yang akan dimulai pada awal februari 2024, mengingat bahwa di bulan maret kita akan memasuki bulan ramadhan, namun untuk tahun ini dikarenakan ada mahasiswa program PMM angkatan 4 maka perkuliahan akan tetap berjalan di bulan puasa dengan penyesuaian waktu nantinya.

Beliau juga mengingatkan dengan tegas tentang beberapa kewajiban yang harus di selesaikan oleh para dosen FAI di setiap semester, seperti menyerahkan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) sebelum perkuliahan dimulai, merencanakan penelitian dan pengabdian dosen, memaksimalkan beberapa kesempatan yang ada seperti kegiatan dosen praktisi mengajar, penerbitan jurnal, mengadakan seminar, juga pengajuan HAKI.

Dalam kesempatan ini, Kepala Bagian Tata Usaha, Dedi Zumardi, S.Pd.I juga menyampaikan tentang beberapa ketentuan baru dalam proses perkuliahan yang berkaitan dengan sistem SIAKAD agar memudahkan para dosen untuk menggunakannya mengingat ada beberapa hal terkait proses mengajar berhubungan langsung dengan sistem.

Ketua Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Ema Sulastri, S.Pd. I., M.Pd dalam laporannya menjelaskan bahwa bobot SKS yang dibebankan kepada masing-masing dosen berbeda sesuai kebutuhan dosen yang sebagian telah mendapatkan sertifikasi dosen. Beliau juga mengingatkan dengan tegas tentang detail pengisian jurnal mengajar dosen yang harus diisi secara lengkap agar memudahkan proses regulasi akademik nantinya ketika dibutuhkan.

Ketua Prodi Tadris Biologi (TBL), Cut Novrita Rizki, S.Pd., M.Sc dalam laporannya mengingatkan para dosen khususnya dosen prodi TBL agar mengunggah RPS lengkap dengan cover, tandatangan dan stempel. Beliau juga bergurau tentang bagaimana RPS semester kali ini begitu cepat dan lancar tersubmit karena ada kebutuhan program dosen praktisi mengajar, dan sangat beterima kasih untuk itu.

Acara terakhir sebelum penutupan adalah penyerahan SK Mengajar dosen yang diwakilkan secara simbolis kepada tiga orang dosen baru pada semester ini yaitu dari Prodi PAI diwakili oleh M. Riza Muarrif, Lc., M.Us, dari Prodi TMA diwakili oleh Maulana Saputra, M.Pd, dan untuk perwakilan mata kuliah MKDU diwakili oleh Linda Handayani, S.Pd, M.Pd. Penyerahan SK dilakukan langsung oleh Dekan Fakultas Agama Islam Dr. Rosnidarwati, S. Ag., MA didampingi oleh Wakil Dekan I Qurratu Aini, S.Si., M.Pd, dan Wakil Dekan II, Nazariah, S.Pd., M.Pd untuk kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama. Untuk penyerahan SK Mengajar kepada dosen-dosen lainnya diserahkan oleh Ketua Prodi masing-masing (Aan dan Dedi ZZ).

About
Dosen Prodi Perbankan Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh, Sekretaris Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *