Preloader

Unmuha Website www.unmuha.ac.id

FAI Unmuha kembali Melulusakan Mahasiswa & Menggelar Yudisium Semester Ganjil TA 2023/2024

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh kembali menggelar acara Yudisium Lulusan Semester Ganjil TA 2023/2024 pada Senin, 4 Maret 2024 yang dilaksanakan di Ruang Rapat Biro Rektorat Unmuha. Acara yang dibuka langsung oleh Dekan FAI, Dr. Rosnidarwati, S.Ag., M.A ini juga dihadiri oleh ketua PWM Aceh, A. Malik Musa, S.H., M.Hum. Masing-masing Kaprodi dari 5 prodi di FAI beserta jajaran staf dan karyawan, Ketua Senat FAI dan perwakilan dari tiap prodi turut hadir dalam acara ini.

Yudisium Semester Ganjil kali ini diikuti hanya oleh 3 prodi dari total 5 prodi di Fakultas Agama Islam. Dari 3 prodi tersebut menghasilkan 17 orang lulusan dengan nilai sangat memuaskan yang didominasi oleh prodi TEN sebanyak 9 orang (4 orang laki-laki dan 5 orang perempuan), dilanjutkan dengan prodi PAI sebanyak 4 lulusan (3 orang laki-laki dan 1 orang perempuan), dan Prodi PSY dengan 4 lulusan (2 orang laki-laki dan 2 orang perempuan).

Perwakilan lulusan, Hamida Rizal, S.Pd dari Prodi PAI menyampaikan dalam kesan dan pesannya bahwa berkuliah di Fakultas Agama Islam di lingkungan Universitas Muhammadiyah sangat nyaman dan menyenangkan. Didukung dengan keramahan para dosen dan karyawan yang sangat membantu para mahasiswa sehingga memudahkan mereka untuk menyelesaikan kuliah hingga tugas akhir sampai tahap sidang skripsi dan menjadi sarjana. Dia juga mengajak teman-teman sesama lulusan agar tetap mengejar pendidikan ke level yang lebih tinggi, tidak cepat berpuas diri dengan ilmu yang telah di dapat, juga dapat memanfaatkan semua ilmu yang diperoleh juga tak lupa mengimplementasikannya ke masyarakat.

“Inilah saatnya bagi kita untuk membalas segala kebaikan dan jasa dari almamater kita, mengharumkan nama baik dan memajukan kampus kita tercinta dengan cara menunjukkan bahwa lulusan Universitas Muhammadiyah Aceh merupakan orang-orang bermental tangguh, berkepribadian teladan dan dapat diandalkan untuk meraih kesuksesan dimanapun kita berada.” Pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian Orasi Ilmiah oleh ketua Pengurus Wilayah Muhammadiyah Aceh, A. Malik Musa, S.H., M.Hum yang membawa tajuk Peradaban Islam di Aceh: Pendidikan dan Keilmuan Islam Sebagai Tonggak Kejayaan.

Beliau menceritakan sejarah singkat kegemilangan peradaban Islam pada Masa kejayaan Sultah Iskandar Muda, sosok hebat seorang penguasa bijaksana yang yang memberikan kontribusi besar terhadap perkembangan Aceh dengan mengutip sebuah pepatah Aceh, “Adat bak Poe Teumeuruhom, Hukom bak Syiah Kuala, Qanun bak Putroe Phang, Reusam bak Laksamana.”

Dosen di salah satu fakultas di lingkungan Unmuha itu juga mengharapkan agar lulusan FAI tidak hanya cerdas secara intelektual tapi juga memiliki integritas yang tinggi. Tidak hanya mampu merespon perubahan zaman, berbagai tantangan social, dan kemajuan teknologi tapi juga tetap kokoh pada landasan nilai-nilai Islam yang otentik.

Beliau juga memberi peluang dan kesempatan kepada para lulusan yang ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat selanjutnya akan diberikan rekom kepada berbagai perguruan tinggi di luar negeri seperti Malaysia, Thailand, juga Turki melalui relasi yang telah menjalin kerjasama. Orasi ditutup dengan menyampaikan selamat dan semangat kepada para lulusan, dengan mengutip sebuah kalimat dari Mark Cooper, always look beyond what you can see.

Sebelum menutup acara, Dekan FAI dalam pidato singkatnya menyampaikan beberapa hal, diantaranya mengucapkan selamat kepala para lulusan, terus semangat mengejar impian dan cita-cita, melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan tak lupa untuk kembali mengabdi ke masyarakat mengamalkan semua ilmu yang telah di dapat selama berkuliah di FAI. Acara diakhiri dengan sesi foto bersama. (Aan)

About
Dosen Prodi Perbankan Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh, Sekretaris Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *